F A Q

F A Q
DRAGON POWER adalah alat Penghemat Listrik REVOLUSIONER TERBARU, TERBAIK, TERUJI, dan TERBUKTI  dapat memberikan solusi bagi anda untuk berhemat.

DRAGON POWER
merupakan teknologi terbaru yang komponennya didesain khusus melalui riset yang sangat dalam dan berkualitas tinggi mengacu pada standar Internasional

1. Bagaimana cara kerja DRAGON POWER ?
DRAGON POWER bekerja dengan cara memperbaiki COST PHI atau FAKTOR DAYA, sehingga dengan menggunakan DRAGON POWER kapasitas Daya listrik anda bisa DIMAKSIMALKAN.  (menjadi Efisien)
DRAGON POWER juga bekerja sebagai SOFT START yang dapat mengurangi tarikan awal daya listrik pada peralatan anda, misalnya AC, Pompa Air, dll, sehingga MCB dirumah tidak akan sering Trip/ jegek, (rugi-rugi daya diperkecil)

Kesimpulan : DRAGON POWER bekerja dengan cara menurunkan jumlah arus (ampere) pada beban yang terpakai, dengan tegangan tetap (voltase), sehingga mengurangi daya (watt) yang harus dibayar.

2. Bagaimana dengan garansinya ?
DRAGON POWER bergaransi selama 1 ( satu ) tahun terhitung dari tanggal pembelian, RUSAK DI GANTI BARU !..

3. Berapa beban daya yang efektif untuk pemakaian satu unit DRAGON POWER ?
DRAGON POWER bekerja efektif pada tegangan max. 250 VOLT dengan minimun beban 200 Watt untuk Type R1 dan R2, sedangkan untuk Type R3 minimun beban 300 Watt.
Mohon diperhatikan, pemakaian listrik minimum tsb diatas baik siang hari maupun pada malam hari.
Apabila jumlah persyaratan minimum pemakaian tidak tercapai, sebaiknya DRAGON POWER jangan dipasang, sebab Dragon Power tidak akan berfungsi dgn baik.
*ket :
Bila ditempat anda ada Kulkas yg beroperasi 24 jam dan alat listrik lainnya tentunya batas minimum tsb diatas tercapai.

4. Jika saya menggunakan DRAGON POWER apakah tidak akan merusak peralatan listrik lain ?
Tidak, karena DRAGON POWER tidak merubah tegangan dalam jaringan, dan sebaliknya memperpanjang usia peralatan listrik.

5. Berapa persen ( % ) penghematan yang didapat jika saya menggunakan DRAGON POWER ?
Penghematan yang diperoleh sekitar 10 % sampai dengan 35% tergantung Peralatan listrik yang dipakai & lamanya pemakaian.
Penghematan akan berbeda-beda dalam jaringan yang berbeda-beda karena besaran power faktor ( cos phi ) setiap peralatan listrik berbeda.

6. Dengan alat apa dan bagaimana cara membuktikan penghematan itu ?
Penghematan dapat dibuktikan dengan mengukur jumlah arus yang masuk kedalam jaringan pada kondisi sebelum dan sesudah menggunakan DRAGON POWER dengan menggunakan Tang Ampere atau Ampere Meter.
Bisa lihat DISINI dan DISINI
(Pada saat melakukan pengukuran sebaiknya peralatan yang menggunakan elemen pemanas dimatikan sementara karena tidak bisa dihemat, misalnya: setrika, Rice Cooker, Wather Heater, dll)
Nilai ampere yang berkurang menunjukan jumlah arus yang masuk ke dalam jaringan berkurang, sehingga mengurangi daya aktif yang sedang digunakan.

7. Karena DRAGON POWER bekerja menurunkan jumlah arus (ampere) apakah akan mengurangi kapasitas daya listrik itu sendiri ?
Tidak, karena DRAGON POWER menurunkan ampere pada beban yang sedang aktif saja..

8. Apakah DRAGON POWER dapat digunakan pada sistem jaringan listrik 3 phase ?
DRAGON POWER dapat digunakan untuk jaringan listrik 1 phase ataupun listrik 3 phase, asalkan tegangannya ( voltage ) dibawah 250 V.
Cara Pemasangannya bisa lihat di SINI.

9. Bagaimana cara pemasangan DRAGON POWER ?
Untuk jaringan 1 phase, DRAGON POWER dapat dipasang pada stop kontak dimana saja dalam jaringan.
Untuk jaringan 3 phase maka harus dipasang 3 unit DRAGON POWER yang dipasang pada masing-masing phase ( R, S, T)

Perhatian : PASANG DRAGON POWER SEDEKAT MUNGKIN DENGAN BOX SIKRING/ MCB.
Jangan dipasang pada STOP KONTAK yang K E N D O R !!..

10. Apakah kabel dan steker DRAGON POWER mampu menahan panas dan beban ?
Cara pemasangan DRAGON POWER yang paralel tidak menyebabkan DRAGON POWER dilalui arus besar, kabel dan steker hanya dibebani oleh DRAGON POWER itu sendiri, sehingga panas yang timbul sangat kecil sekali ( bukan seri seperti stabilizer yang ada outputnya yang selalu dilalui arus yang besar terus menerus )

11. Kapasitas 4.400 Watt menggunakan satu unit, jika dipasang dua unit apakah prosentase penghematan akan bertambah ?
Tidak demikian, karena pemasangan unit yang berlebihan akan menyebabkan DRAGON POWER bersifat kapasitif (membebani) yang sebaliknya malah akan mengurangi prosentase ( % ) penghematan.

12. Jika dirumah saya sudah menggunakan peralatan listrik yang hemat energi ( lampu hemat energy, AC dengan tingkat EER tinggi ) apakah DRAGON POWER masih dibutuhkan ?
Variabel yang menyebabkan pemborosan energi listrik sangat beragam, misalnya jaringan kabel yang sudah usang, tegangan yang tidak stabil, Pengkabelan yg tidak baik, dll, kondisi-kondisi ini dapat diperbaiki dengan pemasangan kompensator daya DRAGON POWER.

13. Bagaimana segi legalitas dari DRAGON POWER ? Apakah perlu izin khusus dari PLN ?
Tidak diperlukan izin khusus dari PLN, sebaliknya dengan menggunakan DRAGON POWER telah membantu meringankan beban pada-gardu induk PLN sehingga distribusi jaringan PLN pun menjadi efisien.

Sudah terbukti bahwa kalau untuk beban lampu yang 20 Watt saja, dengan memperbaiki faktor daya, terjadi penurunan arus sebesar 0.022 Ampere.

Nilai Ampere ini berpengaruh terhadap besarnya kabel yang harus digunakan oleh PLN untuk menyalurkan dayanya.
Dengan daya yang sama, apabila faktor dayanya jelek maka arusnya akan lebih besar dan tentunya harus digunakan kabel dengan ukuran diameter yang lebih besar yang artinya lebih mahal.

PLN justru terbantu kalau pelanggan memasang DRAGON POWER karena dapat membantu PLN, dimana PLN dapat mensupply lebih banyak lagi arus listrik ke pelanggan lain karena Losses energi listrik dapat ditekan.

Bagi konsumen dengan dipasangnya DRAGON POWER, tagihan akan berkurang dengan alternatif bisa memasang lebih banyak lagi alat listrik.

LEGALITAS PENGHEMAT LISTRIK DRAGON POWER :
• Mendukung INPRES No. 10 Thn. 2005 tetang Penghematan Energi.
• Pemasangan kapasitor bank sesuai dengan SK Menteri PU No. 23/PRT/78
 
14. Saya pernah menguji pemakaian DRAGON POWER sehari (24 jam) tanpa DRAGON POWER dan sehari (24jam) dengan DRAGON POWER, mengapa kadang berhasil, kadang tidak ?
Karena beban pemakaian listrik pada saat pengujian tidak konstan/stabil, misal: lama pemakaian AC pada malam hari, siang hari sewaktu anak tidur siang, dan variabel cuaca juga mempengaruhi frekuensi tarikan kompresor AC ( pada waktu cuaca panas tarikan kompresor semakin sering ), lamanya pemakaian water heater dan lain - lain.
Untuk anda ketahui jika diteliti pada KWH PLN bahwa untuk mencapai 1 KWH dibutuhkan 900 putaran ( ada yang 1.250 putaran )
*Ket : Sebaiknya pengujian dilakukan selama 2 bulan setelah pemasangan Alat (Pasca Bayar) dan 1 bulan untuk Pra Bayar   

Untuk mendapatkan hasil yang maksimal harap perhatikan hal2 dibawah ini :
    • Daya terpasang di rumah/ tempat usaha anda.
    • Rutinitas Daya yang digunakan setiap hari.
    • Jumlah peralatan listrik Induktif yang aktif mis, kulkas, AC, Pompa Air, dll.
    • Sesuaikan Type DRAGON POWER dengan daya RUTINITAS SEHARI2 yang digunakan, bukan dari Daya yang terpasang.( bisa anda kira2 sendiri )

    Jika setelah menggunakan alat ini ternyata tagihan rekening listrik tetap sama atau bertambah, ada beberapa kemungkinan yang bisa terjadi :

    • Anda menggunakan DRAGON POWER dengan type yang tidak sesuai.
    • Ada kenaikan tarif PLN berkala
    • Supply listrik dari gardu tidak stabil/ Fluktuatif tegangannya
    • Ada Penambahan alat elektronik ditempat anda 
    • Tanpa sadar ada penambahan durasi waktu pemakaian alat2 listrik, mis AC, Lampu dll
    • Pemasangan DRAGON POWER terlalu jauh dari Boks MCB/Sikring/KWH PLN
    • Ada trouble pada instalasi listrik anda.
    • Kemungkinan peralatan listrik ditempat anda tidak memiliki beban reaktif/Induktif yang berarti.(terlalu sedikit peralatan elektronik Induktifnya)

    15. Apakah DRAGON POWER juga berfungsi sebagai STABILIZER ?
    Tidak, DRAGON POWER bekerja pada arus ( ampere ), sedangkan stabilizer bekerja pada besaran tegangan (Volt), tetapi secara tidak langsung membantu, karena STABILIZER tsb juga bersifat Induktif ( akan di reduksi oleh DRAGON POWER ) Selain itu DRAGON POWER juga berfungsi sebagai SOFT START dapat mengurangi kejutan / tarikan awal peralatan listrik, sehingga berdampak positif pada fluktuasi tegangan.

    16. Berapa life time (masa pakai) DRAGON POWER dan berapa lama garansinya ?
    Komponen didalam DRAGON POWER mempunyai daya tahan sampai dengan 5 tahun.
    Garansi diberikan selama 1 tahun, yaitu garansi kerusakan yang bukan karena kesalahan pemasangan atau bencana alam misalnya ( kesalahan pemakaian misalnya produk DRAGON POWER dipasang pada stop kontak yang kendur/longgar ) sehingga menimbulkan Percikan api, yang mengakibatkan timbulnya panas, yang menyebabkan steker/ colokan terbakar, atau produk DRAGON POWER dipasang pada kapasitas listrik yang lebih besar dari type produk ( misalnya : DRAGON POWER R1 dipasang pada kapasitas listrik yang 4.400 watt, dan seterusnya ).